Home » » Kisah Seorang Honorer Yang Sukses Menjadi PNS

Kisah Seorang Honorer Yang Sukses Menjadi PNS




Saya mulai bekerja mengabdikan diri menjadi tenaga honorer di Instansi Pemerintah (Pengadilan Agama Ponorogo) sejak tahun 2006, sebagai supir. Ketika itu saya hanya lulus MAN (Madrasah Aliyah Negeri).
Menjadi seorang PNS mungkin harapan semua pegawai honorer, termasuk saya. Namun sistem pada saat itu belum transparan seperti pada tahun ini, sehingga harapan tersebut ibarat mimpi belaka.
Namun saya yakin bahwa jika Allah telah berkehendak, tiada yang tidak mungkin. Disela-sela kesibukan menjalankan tugas menjadi supir, tahun 2011 saya berhasil menyelesaikan pendidikan S-1, dan menjadi Sarjana Hukum.
Awal keajaiban itu datang pada akhir tahun 2012. Sistem penerimaan CPNS mulai berubah. Pemerintah melalui KEMENPANRB dan BKN memberi harapan baru bagi kami para honorer yang ingin bersaing secara sehat dalam seleksi penerimaan CPNS.
Pada seleksi penerimaan CPNS tahun 2012 saya mengikuti seleksi di Mahkamah Agung, dengan formasi Calon Panitera Pengganti. Ketika itu saya merasakan sendiri bahwa sistem telah berubah. Saat itu tentunya saya ingin sekali lulus, namun Allah berkehendak lain. Pada seleksi tahun 2012 tersebut saya gagal, nilai Tes Kompetensi Dasar (TKD) saya tidak memenuhi passing grade, Test Intelegensi Umum (TIU) kurang 2 (dua) poin.
Seleksi CPNS tahun 2012 banyak memberi pelajaran kepada saya. Praktis sejak saat itu saya mulai mengatur strategi, mengumpulkan buku-buku pelajaran SD sampai SMU, khususnya buku matematika (karena nilai saya jatuh di TIU). Berburu modul dan soal-soal dari berbagai sumber pun juga saya lakukan. Tak lupa do’a selalu terpanjatkan kepada Yang Maha Kuasa, agar pada tahun 2013 saya siap mengikuti seleksi CPNS, bahkan lebih siap daripada peserta yang lain..
Akhir tahun 2013 pemerintah mengumumkan seleksi penerimaan CPNS, dan saya telah siap turun di “Medan Laga”. Secara lahir dan batin saya telah menyiapkan semuanya selama setahun terakhir. Saya mendaftar di Mahkamah Agung pada formasi Calon Juru Sita Peradilan Agama.
Saya mengikuti tes seleksi CPNS 2013 pada tanggal 3 November 2013. Setelah selesai mengerjakan soal-soal tes tersebut, bisikan dalam hati saya membisikan “lulus”. Betul kata hati saya, pada tanggal 24 Desember 2013 KemenPANRB mengumumkan nilai TKD, alhamdulillah saya mendapat skor 362 dan lulus passing grade. Setelah dicek satu per satu semua peserta pada formasi Calon Juru Sita Peradilan Agama, nilai saya tertinggi.
Tanggal 30 Desember 2013 menjadi hari bersejarah untuk saya, Mahkamah Agung mengumumkan kelulusan kelulusan peserta CPNS 2013. Nama saya tertulis pada pengumuman tersebut, bahkan paling atas pada formasi yang saya daftar.
Sekarang saya telah melengkapi berkas-berkas untuk pengusulan NIP, dan saat ini sedang menunggu Surat Keputusan (SK) pengangkatan CPNS. Semoga segera keluar dan semoga nanti ditempatkan di tempat yang bisa membawa berkah.
Saya telah membuktikan bahwa dengan usaha dan doa yang tidak kenal lelah, akhirnya Allah mentakdirkan saya lulus CPNS.

Ponorogo, 28 Januari 2013
Fauzin Rifa'i   

sumber: http://www.menpan.go.id/berita-terkini/2236-kisah-sukses-seorang-supir-yang-bermimpi-menjadi-pns

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb.

    BalasHapus
  3. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di sangata mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Joko subakti kepala biro umum di BKN pusat No Hp beliau ...........siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb

    BalasHapus
  4. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di sangata mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya ......... dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Joko subakti kepala biro umum di BKN pusat No Hp beliau ...........siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb

    BalasHapus
  5. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di sangata mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya0823-5240-6469 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Joko subakti kepala biro umum di BKN pusat No Hp beliau 0823-5240-6269 siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb

    BalasHapus